5 Gejala Kanker Yang Sering Diabaikan Wanita

5 Gejala Kanker Yang Sering Diabaikan Wanita

dailystar.co.uk

Kanker adalah penyakit mematikan yang sulit disembuhkan jika sudah kronis. Oleh sebab itu sangat penting mengetahui gejala kanker sejak dini agar segera bisa diobati.

Terutama bagi kaum wanita yang selalu menunjukkan perubahan pada tubuhnya sebagai tanda kanker. Bahkan perubahan yang terlihat normal bisa jadi itu merupakan gejala pertumbuhan sel kanker. Namun masih sedikit perempuan yang sadar akan hal ini.

Khusus untuk para wanita, kenali beberapa gejala kanker ini yang biasanya muncul tapi tidak kalian sadari. Bahkan beberapa gejala ini sering diabaikan oleh wanita.

1. Perubahan Payudara

Jika terdapat benjolan, kulit di sekitar jadi mengerut, puting masuk ke dalam, atau ada bercak-bercak merah di sekitar payudara, bisa jadi itu adalah gejala kanker payudara.

2. Pendarahan di antara siklus haid

Jika Anda mengalami pendarahan atau vlek di antara siklus haid segera periksa ke dokter. Pendarahan yang bukan disebabkan karena haid bisa jadi tanda kanker endrometriosis.

3. Berat badan turun secara drastis

Jangan senang dulu jika berat badan Anda tiba-tiba turun dengan sendirinya. Jika berat badan turun lebih dari 5 kg tanpa diet atau olahraga, bisa jadi itu adalah gejala kanker pankreas atau paru.

4. Ada darah di urine atau tinja

Jika Anda menemukan darah pada air urine atau tinja, segera periksa ke dokter. Darah pada tinja merupakan gejala kanker kolon, sementara darah pada urine merupakan gejala kanker kantung kemih atau ginjal.

5. Perubahan kulit

Perubahan pada kulit, baik dari bentuk atau warna, bisa jadi itu adalah tanda kanker. Untuk mengurangi risiko segeralah periksa ke dokter.

Artikel Terkait