5 Makanan Yang Berubah Jadi Racun Kalau Dipanaskan Lagi

5 Makanan Yang Berubah Jadi Racun Kalau Dipanaskan Lagi

thespruce.com

Memanaskan makanan sisa agar bisa dikonsumsi lagi sudah menjadi kebiasaan yang sulit dilepaskan. Memang sah-sah saja memanaskan kembali makanan yang tersisa, tapi yang perlu diingat itu tak semua makanan bisa dipanaskan lagi. Beberapa jenis makanan dipercaya bisa berubah jadi racun jika seandainya dipanaskan kembali.

Mirisnya lagi banyak orang yang tak sadar akan hal ini, terutama ibu rumah tangga. Yang perlu diperhatikan adalah kita harus tahu mana makanan yang boleh dipanaskan dan mana yang tidak boleh dipanaskan.

Lantas makanan apa saja sih yang tidak boleh dipanaskan lagi? Inilah 5 makanan yang haram Anda panaskan lagi karena akan berubah jadi racun.

1. Bayam

Sudah tak diragukan lagi kalau sayuran hijau yang satu ini mengandung banyak vitamin, zat besi dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Tapi ada salah satu kelemahan bayam, sayuran ini tidak bisa dipanaskan lagi jika tersisa.

Kalau Anda memanaskan kembali sayur bayam, kandungan nitrat dalam bayam bisa berubah jadi nitrit yang mengandung karsinogen, suatu zat yang dapat memicu kanker.

2. Nasi

Memanaskan nasi sisa semalam sudah jadi kebiasaan ibu rumah tangga. Perlu diketahui kalau memanaskan kembali nasi sisa semalam, hal itu bisa menumbuhkan spora pada permukaan nasi. Spora tersebut bisa menyebarkan bakteri berbahaya jika seandainya masuk ke dalam tubuh. Akibatnya Anda bisa mual-mual, muntah dan bahkan diare.

3. Telur

Makanan kaya akan protein ini juga bisa berubah jadi racun jika dipanaskan untuk kedua kalinya. Sebab bakteri berbahaya bisa muncul pada bagian kuning telur sebagai akibat dari hilangnya kandungan vitamin dalam telur setelah dipanaskan lagi. Akibatnya telur ini tidak akan memasok gizi ke dalam tubuh melainkan akan mengganggu sistem pencernaan Anda.

4. Gorengan

Dari segi kesehatan, gorengan kurang baik jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Tapi karena rasanya yang enak untuk camilan, tak jarang banyak orang demen sekali makan gorengan, bahkan ada yang sampai memanaskan kembali gorengan yang masih tersisa.

Jika goreangan dipanaskan kembali, otomatis akan digoreng lagi menggunakan minyak. Nah hal ini malah akan semakin membuat kandungan lemak dalam gorengan jadi semakin banyak. Lemak yang terlalu banyak bisa berbahaya bagi tubuh karena dapat menyebabkan obesitas, tekanan darah tinggi, hingga penyakit jantung.

5. Jamur

Mengolah jamur atau makanan berbahan dasar jamur, sebaiknya segera habiskan selagi masih hangat. Jangan sampai tersisa lalu dipanaskan lagi. Jika seandainya dipanaskan lagi, maka kandungan protein di dalam jamur akan berubah jadi berbahaya dan dapat menyebabkan masalah pencernaan. Sama seperti telur.

Sekarang Anda sudah tahu makanan apa saja yang tidak boleh dipanaskan lagi. Meski dulu masih suka melakukan kebiasaan buruk ini, sebaiknya sekarang segera hindari.

Artikel Terkait